Inilah 14 Keutamaan Membaca Sholawat Jibril

ilustrasi gambar oleh iStockphoto


Inilah 14 Keutamaan Membaca Sholawat Jibril


Sholawat merupakan amalan yang sangat disukai Allah SWT. Karena tidak hanya dipanjatkan oleh umat Muslim. Tapi juga oleh Allah sendiri dan para malaikat-Nya, sebagaimana disebutkan di dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi:


اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا


Artinya: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya".


Oleh sebab itu, kita sangat dianjurkan untuk membacanya sesering mungkin. Bahkan kalau bisa kapanpun dan dimanapun, selagi kita sempat. Soalnya selain berpahala, juga membaca sholawat ini banyak fadhilahnya. Tak terkecuali sholawat jibril.


Ya Sholawat Jibril sendiri merupakan salah satu sholawat pendek yang paling sering dibaca dan diamalkan umat muslim pada saat ini. Adapun bacaan shalawat Jibril adalah sebagai berikut


صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد


Shollallaahu ‘ala Muhammad


Artinya: "Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad".


Akan tetapi meskipun bacaannya pendek, namun manfaat dari mengamalkan sholawat ini nggak boleh disepelekan lho. Diantaranya adalah dipercaya bisa menarik rezeki dari segala arah, melunasi hutang dan juga agar hajat kita segera dikabulkan oleh Allah SWT.


Nggak hanya itu. Bahkan konon manfaatnya bisa mencapai 14 lho, jika kita mau mengamalkannya secara rutin.. Dan berikut ini adalah rinciannya:


1. Bagi siapa saja yang rutin membaca Sholawat Jibril, maka ia akan memperoleh rahmat dan barokah dari Allah SWT serta syafa’at dari Nabi Muhammad.

2. Mendapatkan pimpinan dari malaikat yang terbaik.

3. Mendapatkan pengampunan dari semua dosa-dosa yang telah diperbuatnya, baik yang sengaja ataupun tak sengaja.

4. Rutin membaca Sholawat Jibril juga dapat membuat seseorang ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT.

5. Dicukupi kebutuhannya dunia akhirat oleh Allah SWT, yakni rejekinya akan mengalir deras dari segala arah yang tidak disangka-sangka sebelumnya.

6. Mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

7. Dianugerahkan keselamatan oleh Allah SWT dari segala malapetaka.

8. Dijauhkan oleh Allah SWT dari kemiskinan, kefakiran dan kesempitan rejeki. Dan di sinilah Sholawat Jibril menjadi wasilah penarik rejeki bagi yang membacanya.

9. Mendapatkan kemenangan atas musuh-musuhnya.

10. Hatinya akan disucikan dari sifat munafik sehingga hati dan pikirannya menjadi tenang, tentram dan damai.

11. Dapat melihat Nabi Muhammad SAW dalam tidurnya.

12. Dicintai semua makhluk, karena Sholawat Jibril dapat memunculkan aura pengasihan yang memancar bagi orang yang rutin mengamalkannya.

13. Orang yang rutin membaca Sholawat Jibril, maka ia akan mendapatkan nur yang menyinari lahir dan batinnya.

14. Orang yang rajin membaca Sholawat Jibril, akan dikabulkan doa-doa dan hajat mendesaknya oleh Allah SWT.


Itulah 14 manfaat atau keutamaan dari membaca sholawat jibril. Nah setelah membaca informasi ini, semoga kita semua bisa rutin mengamalkannya. Tapi tentunya niat kita membacanya dengan tulus dan ikhlas ya. Bukan semata-mata karena ingin mengharapkan atau mendapatkan keutamaannya saja.


Oke demikian informasi yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga ini bisa bermanfaat serta mohon maaf jika sekiaranya ada kesalahan dan atau kekeliruan di dalam postingan yang kami tulis ini.


Keterangan: Sumber asli artikel berasal dari Patinews.com, namun dengan beberapa sedikit perubahan.

No comments for "Inilah 14 Keutamaan Membaca Sholawat Jibril"