Lirik dan Arti Sholawat Fatih Serta Berikut Keutamaannya

ilustrasi gambar oleh pixabay


Lirik dan Arti Sholawat Fatih Serta Berikut Keutamaannya


Sholawat merupakan ungkapan kecintaan umat Islam kepada Nabinya, yakni Nabi Muhammad SAW. Tujuannya adalah agar kita mendapatkan syafaatnya di hari kiamat nanti. Selain itu sholawat juga mempunyai beberapa fadhilah atau keutamaan. 


Dan sholawat yang memiliki berbagai macam fadhilah itu diantaranya adalah sholawat fatih. Bahkan konon kesuksesan tim nasional Maroko pada Piala Dunia 2022 lalu yang berhasil menembus babak semi final, juga berkat membaca shalawat fatih. 


Ya sholawat fatih adalah salah satu sholawat  yang sering dibaca oleh sebagian masyarakat Indonesia. Sebagaimana namanya sholawat ini adalah sholawat yang diharapkan menjadi wasilah kepada Allah SWT, dengan tujuan agar segala macam kebuntuan dan kemacetan persoalan hidup kita yang sedang dihadapi, segera bisa terurai.



Sementara itu untuk lafadz atau kalimat sholawat fatih dan terjemahannya, adalah sebagai berikut:


اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ   


Allahumma sholli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqo, wal khotimi lima sabaqo, wan nashiril haqqo bil haqqi, wal hadi ila shirotin mustaqim (ada yang baca shiratikal mustaqim). Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala alihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim.   


Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad saw, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.


bacaan Sholawat Fatih yang dilantunkan oleh seorang Muh Zen Adv (sumber: YouTube)


Lafadz sholawat fatih ini, kami ambil dari Kitab Perukunan Melayu. Dalam kitab tersebut terdapat kutipan dari Syekh Al-Arif Al-Kubra yang menyebut khasiat atau keutamaannya jika kita rutin membacanya. Dan inilah kutipannya:


"Barang siapa membaca shalawat ini seumur hidupnya sekali, niscaya ia dipelihara Allah Ta‘ala dari api neraka dan mewajibkan baginya husnul khatimah". (Syekh Al-Arif Al-Kubra, Perukunan Melayu, Jakarta: Al-‘Aidrus, halaman 52).   


Fadhilah atau keutamaan lainnya dari shalawat ini seperti diriwayatkan oleh para ulama, selain mendatangkan keajaiban dalam hidup, juga bisa memudahkan setiap urusan, menyelesaikan permasalahan hidup, diberikan kelancaran rezeki dan dari ridha Allah SWT. 



Oh ya terkait kalimat sholawat fatih ini, ternyata memang banyak versinya dari berbagai ulama. Namun demikian hal itu tidak menjadi masalah. Yang perlu dihindari adalah penggunaan kalimat yang tidak layak bagi para nabi dan rasul. Seperti misalnya: “Rahimahullāh atau Rahimahumullāh”, “Radhiyallah ‘anhu atau ‘anhum”, atau “Karramallahu wajhahu atau ‘anhum.”


ولا يجوز الدعاء للنبي صلى الله عليه وسلم بغير الوارد كرحمه الله بل المناسب واللائق في حق الأنبياء الدعاء بالصلاة والسلام


Artinya: Tidak boleh mendoakan Nabi Muhammad SAW dengan kalimat yang tidak warid seperti lafadz "Rahimahullahu". Tetapi berilah kalimat yang sesuai dan layak untuk para nabi dan rasul yaitu kalimat shalawat dan salam (Syekh M Nawawi Banten, Kasyifatus Saja, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah, halaman 4). 


Itulah lirik dan arti dari shalawat fatih dan berikut keutamaannya. Dan bagi anda yang mau mengamalkannya, sholawat ini bisa dibaca setelah shalat lima waktu, saat tahlilan, atau saat berdoa di berbagai waktu dan kesempatan. Semoga Allah SWT membiasakan lidah dan hati kita untuk membaca sholawat dan kalimat-kalimat thoyyibah lainnya. Amiin


Demikian ilmu dan informasi yang bisa tim Peci's berikan pada kesempatan kali ini. Semoga ini bisa bermanfaat, dan mohon maaf jika sekiranya ada salah-salah kata atau kalimat yang kurang berkenan pada postingan ini.


Keterangan: Sumber asli artikel berasal dari sini, namun dengan beberapa sedikit perubahan.

2 comments for "Lirik dan Arti Sholawat Fatih Serta Berikut Keutamaannya"

  1. sholawat ini bisa dibaca dimanapun ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. yang terpenting niatnya adalah ikhlas dan mengharapkan syafa'atnya dri Nabi Muhammad SAW..

      Delete

Post a Comment